Selasa, 13 Desember 2011

Haan Caramel Pudding


Ketika ke Cibubur Junction bulan lalu, ada semacam bazaar di lantai dasar, seorang SPG Haan menawari Pudding Caramel instant, serta merta bang Dzaky minta dibelikan. 
Kemarin baru ada kesempatan masaknya. Baca petunjuk di kemasan, ternyata kita harus bikin caramelnya sendiri. Sepertinya gampang, cuma merebus 200 gr gula pasir dengan 1sdm air atau air jeruk lemon, saya pakai 1 sdm air saja. Apa yang terjadi? Gulanya mengkristal! Weleh.. 


Akhirnya googling dulu, ternyata fungsi air perasan jeruk lemon/nipis itu justru sangat penting untuk mencegah gula mengkristal,ealah.. 
Akhirnya bikin lagi, kali ini sukses berkaramel, baca petunjuk di kemasan, katanya lama memasak caramel disesuaikan untuk mendapatkan warna yang diinginkan. 
Agar keliatan kontras saat difoto, saya gelapkan caramelnya (tambah waktu memasaknya, ternyata jadi pahit,  hahaha.. Kaco banget sih loe Ni? cuma bikin caramel aja kok salah terus. Well, practice makes perfect, isn't it? 


Akhirnya gula hasil percobaan pertama yang tadi mengkristal saya kasih 1 sdm air jeruk nipis dan air 1/2 gelas kemudian direbus ulang sampai kental, terus saya campur untuk mengurangi rasa saus caramel yang pahit tadi. 
Jadi deh pudding susu lembut berpadu manis pahitnya saus caramel. 
Untuk puddingnya ikuti sesuai petunjuk di kemasan, kalau mau lebih kokoh, kurangi jumlah susu cairnya.


Keep smile & cheers :)))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar